Final NBMC Menghasilkan Generasi Yang Jago Matematika & Bisnis

Juara NBMC 2018 dari Junior & Ordinary Level. Sumber foto FB SUN Indonesia
Sebelumnya emak pernah menginfokan pendaftaran mengenai sebuah lomba matematika NBMC yang sangat unik karena lombanya menggunakan persoalan-persoalan bisnis yang harus diselesaikan secara matematika dalam artikel ini. Pada hari sabtu lalu tepatnya 5 Mei 2018 di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya babak semifinal & final NBMC dilaksanakan. Babak Semifinal & Final ini dihadiri oleh siswa-siswa yang sebelumnya telah lolos babak penyisihan online pada 28 April 2018.

Babak Semifinal diikuti berbagai pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Meski didominasi oleh peserta dari Surabaya, namun tidak sedikit semifinalis yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Seperti dari Semarang, Kediri, Probolinggo, Magetan, & Pontianak Kalimantan Barat. Semifinalis yang hadir terdiri dari 32 Peserta Junior Level & 29 Peserta Ordinary Level.
Suasana Final Ordinary Level. Sumber foto FB SUN Indonesia
Babak semifinal & final ini berlangsung seru sekali terutama babak finalnya yang berupa adu kemampuan para finalis dalam menganalisa & mengambil keputusan bisnis secara matematis dalam bentuk simulasi pengambilan keputusan bisnis. Dalam babak final baik finalis dari Junior Level & Ordinary Level bertanding dengan sangat seru. Sistem dalam babak Final ini dengan ada pengurangan nilai untuk finalis yang menjawab pertanyaan dengan salah. Dan nilai dari babak semifinal digunakan sebagai modal nilai pada saat final. Baik dari Junior Maupun Ordinary level peringkat pertama dari semifinal memiliki nilai yang sangat menonjol dari semifinalis lainnya, sedangkan peringkat ke 2 & 3 semifinalis memiliki nilai yang mirip. Sehingga saat babak final sudah dapat diprediksi siapakah yang menjadi juara pertama, sementara perebutan posisi juara dua-lah yang menjadi sangat seru karena nilai awal mereka berdekatan. Jadi untuk junior level yang menjadi finalis memperoleh nilai awal yang berasal dari hasil semifinal mereka sebagai berikut Mark 870 point (SMP Kr. Petra 1), Declan 355 point (SMP Kr. Petra 2), Maximilliano 300 Point (SMP Xin Zhong). Untuk Ordinary Level nilai awalnya adalah sebagai berikut Stanley 1020 point (SMP Cita Hari, Samuel 580 point (SMPK Angelus Custos 1), Daniel 540 (SMAN 15 Surabaya).


Dalam babak final, finalis dengan nilai awal tertinggi sama sekali tidak kendur dan menghasilkan nilai yang sangat baik dalam babak final. Sementara pada babak final ini untuk perebutan posisi kedua terjadi pertandingan yang sangat seru dari finalis dengan nilai semifinal posisi 2 & 3. Baik untuk junior level maupun ordinary level, posisi 3 dalam semifinal mampu mengejar selisih nilai mereka dalam babak semifinal. Sehingga dalam babak final Junior Level posisi Maximilliano mampu menjadi posisi kedua dan Declan turun ke posisi ketiga dalam babak final ini. Untuk Ordinary Level juga sama Daniel yang berada di posisi 3 saat semifinal mampu naik ke posisi kedua dan Samuel harus turun ke posisi ketiga dalam final Ordinary Level.

Lomba yang menurut emak sangat bermanfaat bagi anak muda ini terselenggara berkat SUN Indonesia yang bekerja sama dengan UniKa Widya Mandala selaku venue acara. Dengan lomba yang berbeda dengan lomba matematika lain yang sifatnya hanya teoritis saja, lomba NBMC ini melatih logika matematika untuk menyelesaikan persoalan dunia bisnis yang tentunya lebih berguna untuk masa depan mereka dibanding soal-soal yang sifatnya teoritis saja. Setidaknya peserta lomba ini jadi lebih paham dibandingkan remaja lain yang tidak mengikuti NBMC mengenai pentingnya matematika untuk masa depan mereka kelak. SUN Indonesia yang merupakan produsen tinta & kertas printing sangat peduli dengan anak muda yang ingin terjun ke dunia bisnis. Terbukti selain NBMC 2018 ini, SUN Indonesia sebelumnya telah dua kali mensponsori lomba Entrepreneur Idea Competition yang merupakan ajang lomba membuat bisnis plan untuk SMA & Universitas. Terlihat jelas sekali SUN Indonesia konsisten dalam menginspirasi generasi muda untuk menjadi generasi yang berani terjun ke dunia Usaha. Emak cukup berterima kasih dengan adanya lomba-lomba semacam ini yang menginspirasi anak-anak muda untuk terjun ke dunia usaha. Semoga tahun 2019 nanti NBMC kembali diadakan. Yang mau kepo nilai-nilai semifinalisnya dapat langsung ke link ini ya Mak.

Comments

Popular posts from this blog

Film & Pengaruhnya Terhadap Penggemar Otomotif

Kompetisi Matematika Yang Membuat Anak Jago Bisnis